Kota Beribu Senyuman

Buka FGD BPS, Radmida: Data Miliki Peranan Signifikan dalam Pembangunan Pangkalpinang

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam mengatakan, peranan data statistik sektoral untuk menjadi dasar dalam pengambilan arah kebijakan pembangunan di kota berjargon Beribu Senyuman sangat signifikan.

“Pemerintah Kota Pangkalpinang akan memulai pembangunan dari data. Data ini menjadi syarat perencanaan dimulainya pembangunan di Pangkalpinang,” kata Radmida ditemui seusai membuka kegiatan Focus Group Discussion
(FGD) Pembahasan Data Publikasi Kota Pangkalpinang dalam Angka 2022 di SUN Hotel, Kamis (20/1/2021).

Sekda perempuan pertama di Bangka Belitung tersebut menambahkan, mendukung pertumbuhan ekonomi di suatu daerah membutuhkan peran investor. Data menjadi rujukan valid untuk menentukan kebijakan investasi yang akan dilakukan.

Dengan program portal Satu Data yang telah diluncurkan pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang yang menjadi wali data, diharapkan stakeholder dapat mengeksplorasi kebutuhan informasi dalam mengambil arah investasi yang akan ditanam di Pangkalpinang

“Data yang sudah jadi satu data, inilah yang akan kita berikan tentang Pangkalpinang. Ini merupakan data yang sudah terekap, terarsipkan dalam satu sistem,” ungkapnya

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Pangkalpinang Sarbini, menyampaikan pemkot siap berkolaborasi dengan BPS secara simultan dalam koridor menuju terlaksananya Satu Data Indonesia.

“Kegiatan FGD daerah dalam angka ini merupakan satu produk yang harus kita back up dengan proses satu data. Kita sebagai wali data akan mengumpulkan, mengolah dan mendesiminasikan angka-angka yang terkait sektoral,” ucap Sarbini.

Kegiatan yang mengambil tema “Peran Data Statistik Sektoral dalam Pembangunan” yang diselenggarakan oleh BPS Kota Pangkalpinang ini, diikuti oleh seluruh OPD di Pemkot Pangkalpinang dan instansi vertikal di Pangkalpinang.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Ira/Febri Yanto

Leave A Reply

Your email address will not be published.