Kota Beribu Senyuman

Rencana Pemkot Pangkalpinang Bangun Embung Eka Guna untuk Suplai Air Bersih

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil berencana membuat embung yang akan digunakan untuk mensuplai air bersih bagi masyarakat Kota Pangkalpinang.

“Kami memiliki program strategis salah satunya adalah membuat embung untuk mensuplai air bersih ke masyarakat, ” ungkap Molen saat menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemerintah Kota Jambi, Jumat (24/2/2022) di Ruang Pertemuan OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

Dikesempatan tersebut, Molen mengaku resah dengan adanya aktivitas pertambangan timah meski hal ini berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi. Sebab menurutnya pertambangan timah tersebut mengakibatkan sulitnya masyarakat Kota Pangkalpinang mendapatkan suplai air bersih.

“Kalau bapak-bapak melihat dari atas ketika naik pesawat banyak sekali bolong-bolong. Itu bekas galian tambang timah yang kami sebut kolong. Kolong itu adalah hasil bekas galian tambang timah baik yang dilakukan secara besar-besaran maupun oleh masyarakat secara kecil. Kadang-kadang air yang kita sedot itu mengeluarkan air yang sudah tidak bagus lagi, ” jelasnya.

Kata Molen, permasalahan tersebut perlu menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Kota Pangkalpinang kedepannya. Oleh karenanya, pemerintah kota akan berencana membuat embung yang akan diberi nama Embung Eka Guna.

Dia menyebut Embung Eka Guna nantinya akan dibangun di sebuah lahan dengan luas tanah sekitar 20 hektar. Dalam proses pembangunannya diharapkan akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

“Alhamdulillah mudah-mudahan kita mendapatkan bantuan dari pusat di tahun 2023 sebesar Rp 100 miliar dan di 2024 sebesar Rp 50 miliar. Ini cukuplah untuk membangun embung yang nantinya akan digunakan untuk mensuplai air bersih ke rumah-rumah di seluruh Kota Pangkalpinang, ” pungkasnya.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Eka

Fotografer : IKP Diskominfo Pangkalpinang

Editor : Febri Yanto/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.