Kota Beribu Senyuman

Lomba IVA TEST Wujud Upaya TP PKK Tekan Angka Penderita Kanker Serviks di Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG, DISKOMINFO — Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda menghadiri penilaian Lomba Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA TEST) Tingkat Kota Pangkalpinang di Kecamatan Girimaya, Kamis (19/1/2023).

Monica Haprinda menyebutkan, Kegiatan ini menjadi salah satu upaya TP PKK sebagai mitra pemerintah kota dalam membantu melaksanakan program pencegahan kanker serviks.

“IVA TEST ini bukan hanya menilai tapi melihat kegiatan setahun belakangan serta capaian program Puskesmas Girimaya terharap IVA TEST. Hal ini membantu sekaligus menjadi evaluasi pemerintah juga,” ucap Monica.

Ungkapnya, penilaian dilakukan di tujuh kecamatan. Jika ada kecamatan yang mendapat penilaian terendah, itu yang menjadi fokus pemerintah untuk melakukan pembinaan dan menjadi fokus dari dinas kesehatan juga.

“Saya mengapresiasi Camat Girimaya yang langsung turun bersama lurah mendeklarasikan program peduli pencegahan kanker serviks ini. Mulai dari diri sendiri membantu istri-istri melindungi diri dari kanker serviks dengan tidak merokok, tidak bergonta ganti pasangan. Saya berharap agar langkah ini bisa diikuti semua masyarakat,” ucapnya.

Sementaea Camat Girimaya, Lutfi Dharma Saputra mengutarakan keinginannya mendeklarasikan komitmen bersama seluruh lurah dan masyarakat di Kecamatan Girimaya untuk lebih peduli dan menyehatkan istrinya dengan melakukan IVA TEST.

Menurutnya, peran pencegahan kanker serviks hanya didominasi oleh ibu-ibu. Tapi di 2023 ini, Kecamatan Girimaya ingin memulai peran yabg dimulai dari suami.

“Kecamatan Girimaya siap menerima masukan terbaik dan melakukan evalausi bagi kemajuan Kecamatan Girimaya,” Pungkas Lutfi.

Penulis : Eka/Maya

Editor : Dedy

Leave A Reply

Your email address will not be published.