Kota Beribu Senyuman

Kota Pangkalpinang Gelar Pekan Kebudayaan Daerah 2022, Upaya Tingkatkan Pemajuan Kebudayaan

PANGKALPINANG, DISKOMINFO — Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar Pekan Kebudayaan Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2022 di Alun-Alun Taman Merdeka, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan yang diinisaisi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini melibatkan beberapa seni dan budaya yang ditampilkan oleh para kesenian.

Mengusung tema “Cerlang Pangkalpinang Tersenyum Agik”, diharapkan kebudayaan yang dimiliki Kota Pangkalpinang dapat menjadi simbol kekayaan kebudayaan yang dimiliki Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga malam hari ini berlangsung meriah, tercatat puluhan kebudayaan di Pangkalpinang meramaikan kegiatan tersebut, mulai dari tarian, musik dambus, barongsai hingga atraksi pencak silat dan pawai obor turut ambil bagian.

Tak hanya itu, yang buat acara Pekan Kebudayaan Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2022 ini terasa istimewa, karena selain melibatkan seluruh sanggar professional serta sanggar seni dari SMP se-Kota Pangkalpinang.

Dengan bermunculan sanggar-sangar seni tingkat SMP ini, menandakan berjalannya upaya pelestarian budaya di Kota Pangkalpinang.

Wali Kota Maulan Aklil (Molen) mengatakan, kegiatan pekan kebudayaan yang melibatkan sanggar-sanggar ini membuktikan komitmen pihaknya dalam melestarikan budaya dan kesenian daerah di Kota Beribu Senyuman.

Ia pun menjanjikan, tahun depan kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah ini akan dibuat lebih besar dan meriah.

“Tahun depan harus lebih meriah lagi. Tentu dengan melibatkan kesenian dan seluruh sanggar yang ada di Kota Pangkalpinang,” pungkas Molen.

Meski diguyur hujan, kegiatan tersebut tetap berlangsung meriah. turut hadir para datuk datuk dan pelaku budaya yang ada di Kota Pangkalpinang.

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada pelaku kebudayaan yang ada di Kota Pangkalpinang oleh Ketua Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia Totok Sudarwoto.

Penulis : Faisal/Maya

Editor : Dedy

Leave A Reply

Your email address will not be published.